Resume 3 - Analisis dan Perancangan Basis Data

 

Topik Pembahasan :

  •        Pengumpulan kebutuhan dan analisis
  •        Perancangan basis data
  •        Model hubungan entitas




1.      Pengumpulan data analisa

Pengumpulan data dan analisis proses identifikasi dan analisa kebutuhan – kebutuhan data disebut pengumpulan data dan analisa. Untuk menentukan kebutuhan – kebutuhan suatu sistem database, pertama tama harus mengenal bagian – bagian lain dari sistem informasi yang akan berinteraksi dengan sistem database, termasuk para pemakai yang ada dan para pemakai baru serta aplikasi – aplikasinya. Kebutuhan – kebutuhan dari para pemakai dan aplikasi -aplikasi inilah yang kemudian dikumpulkan dan dianalisa.

Aktifitas pengumpulan data dan analisa:

·       Menentukan kelompok pemakai dan bidang bidang aplikasinya

·       Peninjauan dokumentasi yang ada

·       Analisa lingkungan operasi dan pemrosesan data

·       Daftar pertanyaan dan wawancara

 

2.       Perancangan basis data

·       Perancangan basis data secara konseptual. Tujuan dari fase ini adalah menghasilkan konseptual skema untuk basis data yang tergantung pada sebuah DBMS yang spesifik. Sering menggunakan sebuah high – level model data model seperti ERD. Dalam konseptual, kita harus memerinci aplikasi – aplikasi basis data yang diketahui dan transaksi – transaksi yang mungkin.

·       Perancangan basis data secara logika (pemetaan model data) adalah membuat sebuah skema konseptual dan skema eksternal pada model data dari DBMS yang terpilih.

·       Perancangan basis data secara fisik merupakan proses pemilihan struktur – struktur penyimpanan dan jalur akses pada file database untuk mencapai penampilan yang terbaik pada bermacam macam aplikasi.  Petunjuk pemilihan perancangan basis data secara fisik yaitu dengan memperhatikan response time, space utulity, transaction throughput.

 

3.       Model hubungan entitas

·       ERD

 

 

 


 

 

 

 

·       ENTITY

Kumpulan objek yang dapat diidentifikasi secara unuk atau saling berbeda. Simbol dari entitas biasanya digambarkan dengan persegi panjang. Selain itu, ada “entitas lemah” yang digambarkan dengan persegi panjang kecil didalam persegi panjang yang lebih besar. Disebut entitas lemah karena harus berhubungan langsung dengan entitas lain sebab dia tidak dapat teridentifikasi ecara unik.

Entitas kuat, yaitu entitas yang keberadaannya tidak tergantung entitas lain.

Entitas lemah, yaitu entitas yang tergantung oleh keberadaan entitas lain.






·       ATRIBUT

Setiap entitas memiliki elemen yang disebut dengan atribut. Atribut diwakili oleh simbol elips dan terbagi menjadi :

Atribut kunci (key) : atribut yang digunakan untuk menentukan entitas secara unik (contoh : NIM, NPWP).

·       Atribut simple : atribut bernilai tunggal yang tidak dapat dipecah lagi (atomic). Contoh : alamat, tahun terbit buku

·       Atribut multinilai (multivalue) : atribut yang memiliki sekelompok nilai untuk setiap entitas instan. Contoh : nama beberapa pengarang dari sebuah buku.

·       Atribut gabungan (composite) : atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih kecil dengan arti tertentu. Contoh : nam alengkap yang terbagi menjadi nama depan, tengah, belakang.

·       Atribut derivat : atribut yang dihasilkan dari atribut lain dan tidak wajib ditulis dalam diagram ER. Contoh : usia, kelas, selisih harga.

 




 

·       RELASI

Hubungan antar sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Relasi diwaliki oleh simbol belah ketupat. Relasi juga terbagi menjadi beberapa bagian :

·       One to one : setiap entitas hanya bisa mempunyai relasi dengan satu entitas lain.

·       One to many : hubungan antara satu entitas dengan beberapa entitas lain atau sebaliknya.

·       Many to many : setiap entitas bisa mempunyai relasi dengan entitas lain.









 

·       GARIS

Garis yang menghubungkan antar atribut untuk menunjukkan hubungan entitas pada diagram ER.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume 7 - Anomali, Redudansi dan Normalisasi

Resume 4 - Entity Relationship Diagram (ERD)

Resume 2 - Sistem Basis Data